Bantuan Layanan Ambulance Untuk Pasien Rujukan Rutin yang Kurang Mampu

Bantuan Layanan Ambulance Untuk Pasien Rujukan Rutin

Pejuang Sehat juga memberikan bantuan layanan pengantaran pasien kurang mampu yang perlu untuk penanganan rutin ke rumah sakit rujukan.Masih banyak warga yang tidak mampu yang memerlukan bantuan sosial kemanuasiaan dalam bentuk bantuan pelayanan pengantaran ke rumah sakit rujukan medis.

Relawan ambulance pejuang sehat purwokerto banyumas nasional

Pemahaman Mengenai Konsep Rujukan Medis

Sistem dan aturan rujukan kesehatan di negara Indonesia telah dirumuskan dalam Permenkes No. 01 tahun 2012. Sistem dan aturan rujukan pelayanan kesehatan merupakan penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang mengatur pelimpahan tugas dan tanggung jawab pelayanan kesehatan secara timbal balik baik secara vertikal maupun horiontal. Sistem dan aturan rujukan ini mengatur pasien darimana dan harus kemana memeriksakan keadaan sakitnya.

Dalam pelaksanaan sistem dan aturan rujukan di indonesia telah diatur dalam bentuk bertingkat atau berjenjang, yaitu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, kedua dan ketiga, dimana dalam pelaksanaannya tidak berdiri sendiri-sendiri namun berada di suatu sistem dan aturan dan saling berhubungan. Apabila pelayanan kesehatan primer tidak dapat melakukan tindakan medis tingkat primer maka pihak dokter menyerahkan tanggung jawab tersebut ke tingkat pelayanan di atasnya, demikian seterusnya. Jika seluruh faktor pendukung terpenuhi maka proses ini akan berjalan dengan baik dan masyarakat awam akan segera tertangani dengan tepat.

Faktanya, hingga saat ini pelaksanaan sistem dan aturan rujukan berjenjang di semua kabupaten masih terus di sempunakan, terutama terkait dengan pemahaman pasien BPJS tentang sistem dan aturan rujukan berjenjang.  Banyak sekali pasien yang datang ke PPK I ataupun di PPK II tidak memahami tentang mekanisme rujukan berjenjang. Mereka berharap bisa memilih rumah sakit sesuai dengan keinginan pasien. Sehingga banyak sekali menimbukan komplain pasien terhadap pelayanan yang di lakukan oleh BPJS. Langkah awal yang harus di lakukan adalah memberikan pemahaman kepada semua pasien BPJS tentang mekanisme dan aturan rujukan berjenjang pesera BPJS Kesehatan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aksi Nyata Pejuang Sehat Indonesia Dalam Menyalurkan Bantuan Kursi Roda Bagi Ummat Yang Membutuhkan

Pejuang Sehat Indonesia Memberikan Bantuan Pelayanan Pasien Kegawatan

Pejuang Sehat Indonesia Memberikan Pelayanan Pasien Rutin Rawat Jalan Ke RS Sardjito